Kegiatan rutin check up sebagai alat pemeriksaan kehamilan yang Perlu Anda Lakukan

Kegiatan rutin check up sebagai alat pemeriksaan kehamilan yang Perlu Anda Lakukan

Ketika Anda mengharapkan, Anda akan menyambut rutin baru ke dalam hidup Anda yaitu : pemeriksaan kehamilan teratur. Seperti yang dapat dikatakan oleh banyak ibu, ada kegembiraan dalam kunjungan ini. Anda akan mengetahui perkiraan tanggal jatuh tempo dan mendengar detak jantung bayi Anda untuk pertama kalinya. Dokter Anda juga akan memantau kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda, memberikan pedoman nutrisi dan aktivitas, menjelaskan apa yang diharapkan selama persalinan dan melahirkan, dan menawarkan tips tentang cara merawat dan memberi makan bayi baru Anda.

Kegiatan rutin check up sebagai alat pemeriksaan kehamilan yang Perlu Anda Lakukan

Sebagai bagian dari perawatan antenatal Anda, Anda akan ditawari sejumlah pemeriksaan, tes dan pemindaian. Beberapa tes ditawarkan kepada setiap wanita sebagai bagian dari perawatan antenatal normal di Australia. Tes lain akan disarankan jika Anda atau bayi Anda memiliki risiko masalah yang lebih tinggi atau sedang mengalami masalah selama kehamilan. Anda tidak perlu melakukan tes yang disarankan jika Anda tidak ingin – itu adalah pilihan Anda.

Jadwal yang Disarankan untuk Kehamilan yang Sehat

Untuk kehamilan yang sehat, dokter Anda mungkin ingin menemui Anda sesuai jadwal  yang disarankan berikut ini:

  • Minggu prenatal 4 hingga 28: 1 kunjungan sebulan
  • Minggu prenatal 28 hingga 36: 1 setiap 2 minggu
  • Minggu 36 hingga 40: 1 pemeriksaan kehamilansetiap minggu

Pastikan untuk tetap pada jadwal yang disarankan dokter Anda – bahkan jika hidup menjadi sibuk. Perawatan prenatal penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Bahkan, ketika seorang ibu tidak mendapatkan perawatan pranatal, bayinya tiga kali lebih mungkin memiliki berat badan lahir rendah. Ketika dokter Anda memeriksa Anda secara teratur, ia dapat menemukan masalah sejak dini dan mengobatinya sehingga Anda dapat memiliki kehamilan yang paling sehat.

Faktor Risiko Yang Mungkin Membutuhkan Lebih Banyak Kunjungan

Jadwal yang disarankan tidak ditetapkan. Dokter Anda akan memutuskan seberapa sering melihat Anda berdasarkan gambaran kesehatan pribadi Anda. Dokter Anda akan ingin melihat Anda lebih sering jika Anda memiliki masalah kesehatan sebelum Anda hamil atau jika masalah berkembang selama kehamilan Anda. Anda juga mungkin memerlukan tes tambahan untuk memastikan bahwa Anda dan bayi Anda tetap sehat.

Jika Anda memiliki salah satu faktor risiko ini, dokter Anda dapat meningkatkan jumlah pemeriksaan kehamilanAnda:

Berusia 35 tahun ke atas. Untungnya, kebanyakan wanita berusia akhir 30-an dan awal 40-an akan melahirkan bayi yang kuat dan sehat. Tetapi setelah usia 35, Anda memiliki peluang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan cacat lahir. Anda juga memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi selama kehamilan.

Masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter Anda mungkin ingin melihat Anda lebih sering. Dokter Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk mengelola dengan cermat kondisi kesehatan ini sehingga tidak memengaruhi kehamilan atau kesehatan bayi Anda. Masalah kesehatan lainnya seperti asma, lupus, anemia, atau obesitas mungkin juga memerlukan lebih banyak kunjungan.

Masalah medis yang berkembang selama kehamilan. Selama kunjungan prenatal, dokter Anda akan mencari komplikasi yang dapat terjadi setelah Anda hamil. Ini termasuk preeklampsia, atau tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan kehamilan, dan diabetes gestasional, sejenis diabetes yang terjadi selama kehamilan. Jika Anda mengalami salah satu dari kondisi kesehatan ini, Anda mungkin perlu datang lebih sering sehingga dokter dapat mengawasi kesehatan Anda.

Risiko persalinan prematur. Jika Anda memiliki riwayat persalinan prematur atau kelahiran prematur, atau jika Anda mulai menunjukkan tanda-tanda persalinan prematur, dokter Anda akan ingin memantau Anda lebih dekat. Berkonsultasilah dengan dokter untuk perawatan pranatal secara teratur. Anda akan tahu bahwa Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk memiliki bayi yang sehat dan kehamilan yang aman.