Bermain untuk Anak Berkebutuhan Khusus Itu Penting!

Bermain untuk Anak Berkebutuhan Khusus Itu Penting!

Bermain untuk Anak Berkebutuhan Khusus Itu Penting! Ya, mungkin masih bnayakyangbelu mengetahui akan hal ini. Apa Pentingnya Bermain? Ingatlah untuk fokus pada apa yang dapat dilakukan anak Anda. Daripada apa yang tidak bisa mereka lakukan, ketika merencanakan waktu bermain

Bermain untuk anak berkebutuhan khusus itu sangat berharga. Bahkan ini berlaku untuk semua anak. Tetapi memiliki kebutuhan khusus dapat menghadirkan hambatan yang dapat menyulitkan mereka untuk menikmati pengalaman sepenuhnya. Kebutuhan anak-anak sangat beragam, jadi sering kali Anda, orang tua atau pengasuh, susah untuk memahami tantangan dan beradaptasi dengan anak Anda.

Sangat penting untuk menghindari kehilangan nilai bermain demi aksesibilitas; hanya bisa melakukan sesuatu bukanlah yang membuatnya menyenangkan. Ingatlah untuk fokus pada apa yang dapat dilakukan anak Anda, daripada apa yang tidak bisa mereka lakukan, ketika merencanakan waktu bermain. Bermain harus dipilih secara bebas, diarahkan secara pribadi dan termotivasi secara intrinsik – dengan kata lain, seorang anak dengan kebutuhan khusus mungkin memerlukan sedikit dukungan, tetapi mereka juga membutuhkan kebebasan untuk memutuskan apa yang harus dimainkan dan bagaimana cara melakukannya.

Manfaat bermain untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus

Anak-anak umumnya belajar dan berkembang banyak melalui permainan, dan mereka dengan kebutuhan khusus tidak berbeda. Selain itu, bermain dapat mendukung kesulitan khusus yang mungkin dimiliki anak Anda. membangun anak dengan mainan blok. Misalnya, jika anak Anda memiliki gangguan pendengaran atau penglihatan, bermain dapat membantu memperkuat indra lainnya untuk membantu mereka menavigasi dan menjelajahi dunia. Jika mereka memiliki gangguan mobilitas, bermain dapat melatih otot mereka dan meningkatkan koordinasi.

Anak-anak dengan gangguan spektrum autistik mungkin kurang sosial atau imajinatif dengan permainan mereka. Mereka mungkin malah menunjukkan minat pada benda-benda non-mainan, dan mendapatkan kesenangan dari hal-hal seperti menghitung atau menyortir objek – ini masih bermain! Anda dapat menggunakan minat mereka untuk mendorong permainan sosial dan imajinatif, dengan bergabung dengan kegiatan yang mereka sukai.

Seorang anak dengan gangguan attention deficit hyperactivity (ADHD) mungkin juga berjuang untuk bermain secara sosial. Karena gejalanya, seperti kesulitan menunggu giliran, kadang-kadang bisa membuat anak-anak lain bermain dengan mereka. Bermain untuk anak berkebutuhan khusus seperti ini dapat memberi kesempatan untuk mengekspresikan diri dan menggunakan energi. Dengan beberapa bimbingan orang dewasa dapat membantu mereka membangun hubungan dengan anak-anak lain juga. Mungkin bermain dengan mereka tidak akan seasyik bermain game dala salah satu daftar poker online terpercaya kami. Namun jangan jadikan itu sebuah alasan, karena Anda juga akan mendapat mendapat manfaat yang sama.