Kenali Galaxaura Oblongata, Si Alga Merah Anti Bakteri

Kenali Galaxaura Oblongata, Si Alga Merah Anti Bakteri

Rumput laut atau alga yang juga dikenal dengan nama seaweeds merupakan bagian terbesar dari tanaman laut yang banyak terdapat di laut tropika dan sebagian kecil hidup di air tawar yang dingin dengan aliran deras dan banyak oksigen. Selain itu, alga juga hidup di air payau. Alga merah atau galaxaura oblongata banyak sekali ditemukan di laut dalam.

Alga yang tersebar di lautan Indonesia sangat beragam, antara lain Euchema cottoni, Euchema spinosum, Gracillaria  gigas, Gracillaria verrucosa, Gelidium rigidum, Sargassum polycystum dan Galaxaura oblongata. Berbagai jenis alga ini tersebar luas di perairan Indonesia baik tumbuh secara alami maupun dibudidayakan dan tumbuh dalam rataan terumbu karang.

Alga merah sejak zaman dahulu telah digunakan sebagai makanan dan obat-obatan oleh manusia. Salah satu jenis alga merah yang terdapat di desa Haloda, kecamatan Pulau Banyak Barat, kabupaten Singkil, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah galaxaura oblongata. Galaura oblongata sendiri merupakan penghasil keragian dan mengandung senyawa flavonoid dan steroid/triterpenoid. Senyawa flavonoid memiliki aktivitas antibakteri sedangkan senyawa steroid/triterpenoid merupakan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antimikroba karena senyawa ini memiliki sifat toksik terhadap mikroba.

Galaxaura oblongata dapat diperhitungkan sebagai sumber senyawa biaktif karena kemampuannya untuk memproduksi metabolit sekunder yang sangat bervariasi  dengan aktivitas biologi yang sangat luas.

Ciri-ciri dari galaxaura oblongata adalah talus rimbun, berjumpai padat, mengandung kapur, tinggi 5-12 cm, pengapuran sederhana dan meningkat dengan pertambahan usia, berwarna kehijauan hingga merah samar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa galaxaura oblongata yang diambil secara purposif kemudian dilakukan pengujian memberikan dampak antibakteri dan antimikroba. Hubungan antara galaxaura oblongata dengan galaxur pendant sendiri terdapat pada kesamaan kandungan di dalamnya yaitu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Sifat inilah yang sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur dan virus. Dan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa galaxur pendant  cukup kuat dalam menghambat pertumbuhan mikro-organisme yang merugikan.

Untuk infomasi lebih lanjut mengenai galaxaura oblongata maupun galaxur pendant, Anda dapat mengunjungi  mecari Merk Terbaik yang tersebar di kota anda .Hasilkan gaya hidup sehat dengan galaxure pendant.